Halaman

Jumat, 31 Agustus 2012

Topologi Jaringan Komputer

Topologi adalah suatu cara yang digunakan untuk
menghubungkan komputer yang satu dengan komputer
lainnya sehingga membentuk jaringan. Ada tiga macam
topologi yang sering digunakan, yaitu topologi bus, topologi
token-ring, dan topologi star.

1. Topologi Bus

Topologi bus hanya menggunakan satu jalur kabel
sebagai media transmisi. Beberapa komputer atau printer
yang merupakan bagian dari jaringan dihubungkan
seluruhnya ke kabel tersebut. Komputer yang dihubungkan
dapat mengirim dan menerima data melalui kabel yang
berfungsi sebagai pembawa sinyal. Keuntungan dan kerugian
menggunakan topologi bus adalah sebagai berikut.
Keuntungan:
• Hemat kabel karena hanya satu jalur saja.
• Instalasi lebih mudah karena layout kabel sederhana.
Kerugian:
• Lalu lintas komunikasi padat karena hanya satu jalur.
• Apabila jarak terlalu jauh, maka harus memakai repeater
agar kekuatan sinyalnya tidak berkurang.
• Sulit untuk mendeteksi jika terdapat kesalahan atau
kerusakan.
• Jika salah satu client rusak, maka jaringan tidak dapat
berfungsi.
• Biaya perawatan mahal.




2. Topologi Token-Ring

Topologi token-ring atau biasa disebut dengan topologi
ring adalah cara menghubungkan komputer di mana salah
satu komputer dihubungkan dengan komputer yang ada di
depan dan dibelakangnya sehingga membentuk lingkaran
(ring). Antara client satu dengan client lainnya mempunyai
tingkatan yang sama. Data akan dikirimkan ke setiap client.
Setiap data yang diterima oleh client akan diperiksa
alamatnya apakah data itu untuknya atau tidak. Jika benar,
maka data akan diproses. Jika tidak, maka akan diteruskan
ke client lain. Keuntungan dan kerugian menggunakan
topologi token-ring adalah sebagai berikut.
Keuntungan:
• Hemat kabel, hampir sama dengan topologi bus.
• Sambungan point to point dapat mengurangi terjadinya
transmission error.
• Kegagalan koneksi akibat gangguan dari media dapat
diatasi lewat jalur lain yang masih terhubung.
Kerugian:
• Pengembangan jaringan kaku (kurang fleksibel).
• Sulit mendeteksi jika terjadi kesalahan atau kerusakan.
• Transfer data lambat jika melalui banyak komputer.

3. Topologi Star

Kontrol terpusat, semua link harus melewati pusat yang
menyalurkan data tersebut ke semua client yang dipilihnya.
Simpul pusat dinamakan stasiun primer atau server, dan
lainnya dinamakan stasiun sekunder atau client. Setelah
hubungan jaringan dimulai oleh server, setiap client sewaktuwaktu
dapat menggunakan hubungan jaringan tersebut
tanpa menunggu perintah dari server. Adapun Keuntungan
dan kerugian menggunakan topologi star adalah sebagai
berikut.
Keuntungan:
• Lebih mudah dalam pengelolaan jaringan karena kontrol
jaringan terpusat.
• Pengembangan jaringan paling fleksibel.
• Kemudahan dalam mendeteksi apabila terjadi kesalahan
atau kerusakan.
• Pemasangan atau perubahan jaringan sangat mudah
dan tidak mengganggu bagian jaringan lain.
Kerugian:
• Kabel yang digunakan banyak.
• Hub menjadi elemen atau alat yang sangat kritis. Jika
hub rusak, maka jaringan tidak dapat berfungsi.

read more..

Macam-Macam Jaringan Komputer

Secara fisik, jaringan komputer dapat dibedakan
menjadi dua macam, yaitu jaringan yang menggunakan
media transmisi kabel dan jaringan tanpa kabel (wireless
network).
Jika dilihat dari ruang lingkup area, jaringan komputer
dibagi atas empat macam, yaitu LAN, MAN, WAN, dan
Internet.

1. LAN (Local Area Network)

LAN (Local Area Network) adalah jaringan komputer
yang biasanya digunakan di dalam sebuah gedung
perkantoran, pabrik, perusahaan, dan kampus yang jaraknya
tidak terlalu jauh dan dibatasi tidak lebih dari beberapa ratus
meter. Misalnya, perusahaan dapat menggunakan LAN
untuk menghubungkan komputer dari tiap-tiap ruangan
dalam kantor tersebut, sehingga lebih mudah untuk
melakukan pertukaran data.

2. MAN (Metropolitan Area Network)

Pada dasarnya MAN (Metropolitan Area Network)
merupakan LAN yang berukuran lebih besar. MAN
digunakan untuk menghubungkan beberapa buah jaringan
kecil ke dalam jaringan yang lebih besar. Sebagai contoh,
jaringan komputer beberapa kantor cabang sebuah bank
dalam satu kota besar dihubungkaan antara satu dengan
lainnya.

3. WAN (Wide Area Network)

WAN (Wide Area Network) merupakan jaringan
komputer yang lebih besar dari MAN. Jaringan WAN biasanya
menggunakan media transmisi wirelles, microwave, atau satelit
karena jangkauan WAN mencakup daerah geografis yang luas,
yaitu beberapa negara bahkan juga benua.
WAN sangat diperlukan oleh beberapa perusahaan,
seperti Bank yang harus selalu melayani konsumen setiap hari.
Sebagai contoh, jaringan komputer Bank BCA yang ada di
Indonesia dengan yang ada di luar Indonesia saling berhubungan. WAN juga dipakai untuk jaringan mesin ATM
(Automatic Teller Mechine), seperti Master Card, Visa Card,
atau Cirrus yang tersebar di seluruh dunia.

4. Internet (Interconnected Network)

Internet adalah jaringan komputer yang mencakup
pengguna komputer di seluruh penjuru dunia. Internet
menggunakan protokol yang sama, yaitu TCP/IP (Transmission
Control Protocol/Internet Protocol). TCP/IP
adalah sekelompok protokol yang mengatur komunikasi
data komputer di Internet.



read more..

Perangkat Jaringan Komputer


Untuk membangun sebuah jaringan komputer, kita
membutuhkan perangkat keras (hardware) dan perangkat
lunak (software). Selain perangkat komputer, juga terdapat
beberapa perangkat penting lainnya, seperti kabel dan
konektornya, ethernet card, hub, repeater, router, dan bridge.

1. Server

Server adalah sebuah komputer yang berisi sistem operasi,
program aplikasi, dan database. Server bertugas memberikan
pelayanan kepada komputer-komputer client dalam suatu
jaringan. Di komputer server terdapat database yang dapat
digunakan bersama-sama oleh komputer client. Jika suatu
jaringan dihubungkan ke Internet, maka server juga berfungsi
sebagai gateway atau gerbang komputer client dalam
mengakses Internet. Beberapa layanan yang terdapat pada
server antara lain sebagai berikut.
• File server : layanan pengelolaan file.
• Print server : layanan fungsi pencetakan.
• Database server : database disimpan pada server.

2. Client

Client adalah komputer yang digunakan untuk mengolah
database yang diambil dari server. Komputer client bertindak
sebagai pengguna layanan jaringan yang otoritasnya dibatasi
oleh server. Personal komputer (PC), banyak digunakan
sebagai client, sehingga dapat difungsikan sebagai komputer
stand alone.

3. Kabel dan Konektor

Dalam jaringan komputer, kabel berfungsi sebagai media
penghantar sinyal. Ada beberapa jenis kabel yang dapat
digunakan, tiap kabel mempunyai kemampuan serta
spesifikasi yang berbeda. Kabel-kabel tersebut harus dipasang
pada konektor yang sesuai agar dapat dihubungkan dengan
ethernet card. Jenis-jenis kabel beserta konektornya antara
lain kabel Coaxial dengan konektor BNC dan kabel UTP
dengan konektor RJ-45.

4. Ethernet Card

Ethernet card atau kartu jaringan merupakan perangkat
tambahan untuk komputer agar dapat dikoneksikan
antara satu dengan lainnya. Ethernet card biasanya
dijual terpisah dengan komputer. Namun, pada jenis
komputer tertentu terdapat kartu jaringan yang
sudah terpasang pada motherboard (onboard) yang
disebut network adapter. Setiap ethernet card
memiliki alamat sepanjang 48 bit yang dikenal
sebagai ethernet address.

5. Hub

Hub befungsi sebagai pemusat koneksi dan membagi
sinyal data dari LAN card yang sekaligus berfungsi sebagai
penguat sinyal. Komputer yang tersambung dengan hub
akan melakukan pertukaran data secara bergantian. Hub
digunakan untuk menghubungkan banyak peralatan pada
jaringan yang sama. Misalnya, hub digunakan
untuk menyatukan kabel-kabel dari beberapa client
untuk dihubungkan ke server. Biasanya Hub
mempunyai lubang port untuk konektor RJ-45
sebanyak 4 buah, 8 buah, 16 buah, 24 buah, 32
buah tergantung dari jenis hubnya.

6. Repeater

Repeater adalah alat yang digunakan untuk memperkuat
sinyal yang lemah karena melalui kabel yang panjang. Cara
kerja repeater adalah menerima sinyal dari kabel sebelumnya
dan dipancarkan kembali ke kabel berikutnya dengan
kekuatan sinyal penuh seperti semula.

7. Router

Router merupakan alat penting untuk melakukan
koneksi WAN. Router dapat menyambungkan LAN yang
terpisah dari jarak jauh. Router memberikan kemampuan
melakukan paket data dari satu sistem ke sistem lain, yang
mungkin memiliki banyak jalur di antara keduanya. Dengan
menggunakan Router, arus data dari LAN yang satu tidak
tercampur dengan arus data dari LAN yang lain.

8. Bridge

Bridge merupakan perangkat keras yang berfungsi
untuk menghubungkan dua buah LAN atau lebih dalam
suatu sistem jaringan. Selain itu, Bridge dapat memperluas
jaringan LAN sehingga semua segmen dapat berhubungan satu sama lain dan menjadi jaringan LAN yang lebih besar.
Bridge dapat membedakan satu unit jaringan dengan unit
jaringan lainnya sehingga lalu lintas data tertata baik.





read more..

Sistem Jaringan Komputer


Kemajuan di bidang teknologi komunikasi berpengaruh
pada perkembangan pengolahan data sehingga data dapat
dikirim dari satu tempat ke tempat yang lain melalui alat
telekomunikasi. Pengiriman data ini menggunakan sistem
transmisi elektronik.

1. Pengertian Jaringan Komputer

Dalam dunia komputer, data dapat dikirim dari satu
komputer ke komputer lainnya dengan menggunakan sistem
jaringan yang disebut jaringan komputer. Jaringan komputer
merupakan kumpulan beberapa komputer, printer, dan
peralatan lainnya yang terhubung dalam satu kesatuan. Data
yang berupa teks, gambar, audio, maupun video ditransfer
melalui media transmisi kabel maupun tanpa kabel (wireless)
sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer
dapat saling bertukar data, menggunakan hardware atau
software secara bersama-sama, dan berbagi resource seperti
memakai satu unit printer untuk digunakan oleh beberapa
komputer.
Tiap komputer, printer, atau perangkat komputer
lainnya yang terhubung dalam jaringan disebut dengan
node. Sebuah jaringan komputer sekurang-kurangnya terdiri
atas dua unit komputer atau lebih, dapat berjumlah puluhan,
ratusan, bahkan ribuan komputer yang saling terhubung
antara satu dengan lainnya. Di dalam jaringan komputer
terdapat tiga elemen sistem yang harus tersedia, yaitu sumber
data (source), media transmisi (transmission media), dan
penerima (receiver).

2. Sistem Koneksi dalam Jaringan

Di dalam jaringan komputer dikenal sistem koneksi
antarkomputer yang berupa peer to peer dan client-server.

a. Peer to Peer

Peer to peer digunakan untuk jaringan kecil. Biasanya
hanya terdiri atas beberapa komputer. Pada model ini, setiap
komputer dapat memberikan layanan ke komputer lain dan
juga mengambil layanan dari komputer lain. Dengan kata
lain, setiap komputer dapat berfungsi sebagai client maupun
server pada waktu yang sama. Pada sistem
operasi Windows, model peer to peer dikenal
sebagai workgroup. Model ini mengutamakan
dalam penggunaan program. Misalnya pengguna
komputer A dapat memakai program yang
dipasang di komputer B, C, atau D, dan begitu
juga sebaliknya. Berikut ini beberapa kelebihan
dan kekurangan menggunakan peer to peer.

b. Client-Server

Dalam model ini ada komputer yang berfungsi sebagai
administrator atau pengelola jaringan yang disebut server dan
ada komputer yang bertindak sebagai pengguna layanan jaringan yang disebut client. Untuk dapat
mengakses jaringan, client harus melakukan
login terlebih dahulu ke komputer server. Client
hanya dapat menggunakan resource yang
disediakan oleh server sesuai dengan otoritas
yang diberikan oleh administrator. Server dapat
digunakan untuk mengontrol atau mengendalikan
semua client yang terhubung ke jaringan,
baik berupa pengolahan data maupun program yang
digunakan. Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan
menggunakan client-server.
read more..

K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja)


Faktor Ergonomis (Kenyamanan)

Jika setiap hari kita bekerja di depan komputer, maka
suka atau tidak suka monitor adalah sahabat dekat kita.
Tetapi sadarkah bahwa sahabat yang ini bisa menjadi biang
penyakit, selain menghibur kita dengan warna-warni
tampilannya? Memang monitor tampaknya hanya
berhubungan dengan mata kita saja. Namun ternyata, otot
leher, kepala, mata, pundak, lutut, kaki, dan lain-lain akan
ikut terbawa oleh mata yang terpaksa harus terfokus terus
ke layar monitor. Hal tersebut bisa menyebabkan kepala
pusing, pundak pegal, pinggang linu, mata kabur, leher kaku,
dan sebagainya. Beberapa pendapat dan penelitian orang
tentang aspek ergonomi dan kesehatan yang berkaitan
dengan monitor berikut ini akan membantu kita.
Mata adalah organ tubuh yang berhubungan langsung
dengan monitor komputer. Bagi yang sehari-harinya harus
menghadapi layar monitor, mungkin pernah mengalami
gejala-gejala seperti sakit kepala, kehilangan fokus, mata lelah
dan panas, ketegangan mata, pandangan ganda, pandangan
kabur, dan sakit leher atau bahu.
Penyebab utama ketidaknyamanan mata adalah silau
dan pantulan yang dihasilkan oleh cahaya baik oleh lampu
ruangan maupun sinar matahari yang dipantulkan oleh
monitor. Ada berbagai cara untuk mengatasi masalahmasalah
ini, antara lain sebagai berikut.

• Mengatur sumber cahaya pada ruangan.
• Menempatkan lampu pijar biasa di dekat monitor untuk
menghilangkan dampak dari lampu neon yang
mempunyai tingkat kedip (flicker rate) tinggi.
• Menggunakan filter screen yang dirancang untuk
meminimalisir/mereduksi cahaya menyilaukan dan
pantulan pada layar monitor.

Banyak pendapat yang mengatakan
bahwa monitor sebaiknya ditempatkan
sejajar atau sedikit lebih rendah dari garis
horizontal telinga-mata (eye level).
Artinya, pada saat memandang lurus ke
depan, mata menatap pada pinggir atas
layar monitor. Namun ada pendapat lain
yang berbeda. Ankrum dan Kenneth
(1995), misalnya, menyatakan bahwa
sebaiknya monitor ditempatkan 15º di
bawah eye level. Sedang Kroemer dan
Hill (1989) merekomendasikan bahwa
pada jarak 1 meter, sudut antara eye
level dengan garis pinggir atas layar adalah 35º. Sedang
untuk jarak setengah meter, sebaiknya sudutnya 44º.
Berbagai pendapat tersebut dibantah oleh penelitian
Limerick, Plooy, Fraser, dan Ankrum yang menyebutkan
bahwa postur tubuh, leher, dan kepala, ikut menentukan
kenyamanan pada saat menatap monitor dalam kurun waktu
yang lama. Postur tubuh tertentu mungkin mempunyai posisi
paling nyaman yang berbeda. Namun, kenyamanan juga
dapat ditemukan pada posisi yang lebih rendah dibanding
rekomendasi di atas.


Beberapa Bagian dari Komputer yang Perlu
diperhatikan untuk Menjaga Kesehatan dan
Keselamatan Kerja

a. Monitor

Monitor komputer pada umumnya menggunakan
tabung gambar (CRT) yang dapat menyebabkan intensitas
cahaya yang dipancarkan oleh monitor cukup tinggi untuk
diterima oleh retina mata manusia. Oleh karena itu, bagian
dari perangkat ini harus memiliki layar anti radiasi, agar mata
terhindar dari kerusakan karena radiasi sinar cahaya dari
komputer.

Untuk mengurangi keluhan pada mata, ada beberapa
layar monitor yang perlu diperhatikan.
a. Harus meletakkan monitor sedemikian rupa di ruangan
sehingga layar monitor tidak memantulkan cahaya dari
sumber cahaya lain.
b. Letakkanlah monitor lebih rendah dari garis hoizontal
mata, agar tidak menengadah atau menunduk.
c. Aturlah cahaya monitor agar tidak terlalu terang dan
gelap.
d. Pergunakan filter screen untuk mereduksi cahaya
e. Sering-seringlah mengedipkan mata untuk menjaga agar
mata tidak kering. Sesekali memandang jauh ke luar
ruangan.


b. CPU ( Central Processing Unit )

Bagian dari perangkat komputer ini tidak boleh langsung
bersentuhan dengan tangan (basah) karena aliran listrik yang
ada pada CPU dapat menyetrum manusia.
a. Tangan yang basah baik oleh air atau keringat tidak
boleh langsung bersentuhan dengan CPU.
b. Aliran listrik yang ada pada CPU dapat menimbulkan
setrum.

c. Kabel Komputer

Bagian dari perangkat komputer ini harus dihindari dari
air, karena dapat menyebabkan korsleting. Korsleting dapat
mengakibatkan hubungan arus listrik yang dapat menyebabkan
kebakaran.

d. Keyboard

Penelitian menunjukkan bahwa posisi keyboard
merupakan salah satu faktor penyebab nyeri otot dan
persendian, misalnya penggunaan jari-jari tertentu saja
dalam waktu yang lama. Hal ini terutama apabila sedang bermain game. Hindarkan tertumpahnya air pada keyboard
yang dapat menyebabkan keyboard rusak.


3. Posisi Terbaik di Depan Komputer

Untuk menghindari penyakit-penyakit yang diakibatkan
karena pekerjaan yang harus berhadapan dengan komputer
sepanjang waktu, cara-cara berikut ini dapat berguna.

• Jangan jauhkan siku dari badan. Ini akan mengurangi
ketegangan otot bahu dan pundak.
• Jaga sudut 90° antara lengan atas dan bawah.

• Pergelangan dan lengan harus
selalu lurus. Sebaiknya ada
penyangga pergelangan di
dekat keyboard untuk menjaga
kelurusan itu.
• Kepala tegak lurus, jarak mata
dengan monitor sekitar 0,5
meter. Jarak minimal yang
masih bisa ditolerir adalah
sekitar 30 cm.








read more..

Sekilas Tentang Intranet

Apakah kamu tahu apa perbedaan antara Internet dan Intranet? Intranet adalah sebuah sistem jaringan komputer yang diperkenalkan pada akhir tahun 1995.

Pengertian Intranet 


Intranet merupakan sebuah jaringan komputer yang dibangun dengan mengadopsi teknologi Internet. Di dalam Intranet terdapat aplikasi web dan teknologi komunikasi data. Dari segi jangkauan, Intranet dapat bekerja secara luas dan maksimal seperti layaknya Internet. Namun, penggunaan Intranet sangat terbatas dari segi privasi dan hak akses pemakainya. Aplikasi dan informasi Intranet ditujukan untuk kalangan dalam organisasi tertentu, berbeda dengan informasi dari situs Internet yang ditujukan untuk kalangan umum. Khoe Yao Tung (1997) mengatakan bahwa Intranet adalah LAN (Local Area Network) atau jaringan komputer lokal yang menggunakan standar komunikasi dan segala fasilitas Internet. Intranet dapat diibaratkan berinternet dalam lingkungan lokal. Intranet umumnya juga terkoneksi ke Internet sehingga memungkinkan pertukaran informasi dan data dengan jaringan Intranet lainnya melalui backbone Internet. Sistem Intranet mudah untuk dipelajari, diterapkan, dikembangkan, dan dikonfigurasi ulang. Perkembangan di dunia Internet dapat diimplementasikan di dalam Intranet sehingga Intranet dapat berkembang pesat sejalan dengan perkembangan Internet. Dukungan sistem operasi, aplikasi, dan program yang luas akibat dari popularitas Internet menjadikan Intranet sebagai masa depan dari LAN.


Intranet dan LAN Konvensional

Dibandingkan dengan LAN konvensional, Intranet
memiliki beberapa keunggulan sebagai berikut.
• Tampilan antarmuka layaknya sebuah web (multimedia)
pada sistem operasi, aplikasi, program, maupun
databasenya.
• Memiliki fasilitas standar Internet seperti browser,
e-mail, search engine, chatting, dan FTP (File Transfer
Protocol).
• Dukungan integrasi database dan kompatibilitas
dengan perangkat lunak yang telah ada seperti dengan
Foxpro, SQL, maupun Oracle.
Intranet tetap mempertahankan teknologi LAN seperti
manajemen database, sistem terdistribusi, client server, sharing
resource and peripheral. Salah satu hal terpenting dalam
Intranet adalah keamanan jaringan (network security)
mengingat jaringan telekomunikasi yang dipakai bersifat umum
sehingga rentan terhadap penyusupan, penyadapan, serta
pembajakan data. Untuk menanganinya, sejumlah teknologi
keamanan canggih terus dikembangkan. Jika dibandingkan
dengan Intranet, LAN konvensional dari segi keamanannya
relatif lebih terjaga karena menggunakan jaringan komunikasi
terproteksi VPN (Virtual Private Network).


Pengembangan Intranet

Suatu Intranet membutuhkan perhatian yang besar jika
dibandingkan dengan LAN konvensional, sebab teknologi
akan berkembang dan berubah dengan cepat seiring dengan
waktu. Teknologi Intranet membutuhkan landasan
pengembangan yang baik sebagai dasar untuk memahami
dan mengikuti teknologi baru yang terus bermunculan, serta
desain model yang mampu mengakomodasi keinginan
pemakai yang bertambah banyak.


Pemanfaatan Intranet

Pemanfaatan teknologi Intranet tergantung dari bentuk
organisasi penggunanya. Misalnya, digunakan untuk
pendidikan, toko, perusahaan, instansi, atau departemen.
Dengan memahami sistem kerja organisasi penggunanya,
akan sangat membantu dalam merancang pembangunan
dan mendesain model Intranet yang akan digunakan.
Misalnya penerapan Intranet pada sebuah perusahaan
berskala nasional yang memiliki cabang di seluruh wilayah
yang saling berjauhan. Informasi dari kantor pusat ke kantor
cabang atau sebaliknya dapat berjalan dengan mudah dan
efektif. Informasi tersebut dapat berupa prosedur kerja setiap
divisi, jadwal kerja, absensi, gaji karyawan, transfer
dokumen, database, dan lain sebagainya yang diintegrasikan
pada satu sistem pusat informasi berbasis WWW (World
Wide Web).


read more..

Manfaat dan Peranan Internet

Jika kita mengakses ke Internet, maka kita dapat memperoleh banyak informasi diantaranya sebagai berikut. • Informasi untuk kehidupan pribadi seperti kesehatan, hobby, rekreasi, pengembangan pribadi, rohani, sosial, dan lain sebagainya. • Informasi untuk dunia pendidikan dan pekerjaan seperti sains, teknologi, perdagangan, saham, komoditas, bisnis, asosiasi profesi, asosiasi bisnis, dan lain sebagainya. Hal yang paling menarik dari Internet adalah keanggotaannya tidak mengenal batas negara, ras, kelas ekonomi, ideologi, atau faktor-faktor lain yang biasanya dapat menghambat pertukaran pikiran. Internet adalah suatu komunitas dunia yang sifatnya sangat demokratis serta memiliki kode etik yang dihormati segenap anggotanya. Manfaat Internet terutama diperoleh melalui kerjasama antarpribadi atau kelompok tanpa mengenal batas jarak dan waktu. Untuk lebih meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia, sudah waktunya pendidikan di Indonesia memanfaatkan jaringan Internet dan menjadi bagian dari masyarakat informasi dunia. Internet mempunyai pengaruh yang besar terhadap perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Misalnya, dengan hanya menggunakan mesin pencari seperti Google, pengguna Internet dapat mengakses bermacam-macam informasi dengan lebih mudah jika dibandingkan dengan mencari buku-buku di perpustakaan. 1. e-Learning Istilah e-learning mungkin masih asing bagi dunia pendidikan di Indonesia. e-learning adalah suatu jenis pendidikan atau proses belajar mengajar yang menggunakan perangkat elektronik untuk menyampaikan bahan pelajaran ke siswa melalui media Internet, Intranet, jaringan komputer lain, maupun komputer stand alone. Internet membuka sumber informasi yang sebelumnya susah diakses. Dengan Internet, memungkinkan siswa melakukan komunikasi dengan sumber ilmu secara lebih luas jika dibandingkan dengan hanya menggunakan media konvensional seperti buku dan perpustakaan. Teknologi Internet dapat menunjang siswa yang mengalami keterbatasan ruang dan waktu untuk tetap dapat menikmati pendidikan. Akses terhadap sumber informasi bukan menjadi masalah lagi. Sebagai contoh, perpustakaan merupakan salah satu sumber informasi yang mahal harganya. Dengan adanya Internet, memungkinkan siswa atau pelajar di Indonesia dapat mengakses perpustakaan di Amerika Serikat yang berupa perpustakaan digital (Digital Library). Beberapa keuntungan menggunakan e-learning adalah sebagai berikut. • Mampu menjangkau cakupan wilayah geografis yang lebih luas. • Dapat mengurangi biaya perjalanan. • Dapat menghemat waktu proses belajar mengajar. • Dapat menghemat biaya pendidikan secara keseluruhan, seperti infrastruktur, peralatan, dan buku. • Melatih pelajar atau pencari informasi agar lebih mandiri dalam mendapatkan ilmu pengetahuan. 2. e-Goverment Pada bidang pemerintahan Internet juga berperan aktif dalam transparansi pelaksanaan pemerintahan melalui egoverment. Beberapa manfaat e-goverment antara lain sebagai berikut. • Memperbaiki kualitas pelayanan pemerintah kepada masyarakat, kalangan bisnis, dan industri, terutama dalam hal efisiensi dan efektifitas kinerja diberbagai kehidupan bernegara. • Meningkatkan transparansi dan mengontrol penyelenggaraan pemerintah dalam rangka penerapan konsep Good Corporate Governance. • Mengurangi total biaya yang dikeluarkan pemerintah maupun masyarakat, kalangan bisnis, dan industri untuk keperluan relasi dan interaksi sehari-hari. • Memberdayakan masyarakat dan pihak-pihak lain sebagai mitra pemerintah dalam proses penentuan berbagai kebijakan publik secara merata dan demokratis. 3. e-Commerce Perkembangan Internet juga berpengaruh terhadap perkembangan ekonomi. Sebelum ada Internet, transaksi jual beli hanya dapat dilakukan dengan cara tatap muka dan sebagian kecil melalui telepon. Namun, dengan Internet kita dapat bertransaksi jual beli dengan orang atau perusahaan di seluruh dunia tanpa harus bertatap muka secara langsung. Fasilitas ini biasa disebut dengan e-commerce. Saat ini, beberapa website untuk berbelanja secara online telah bermunculan di Internet. Dengan adanya websitewebsite tersebut, kita dapat membeli berbagai barang yang kita butuhkan dengan mudah. Kita tidak perlu mendatangi toko atau pabrik pembuat barang tersebut. Kita hanya perlu duduk di depan komputer, mencari produk yang diinginkan, lalu memesannya secara online melalui Internet. Biasanya, pembayaran dilakukan dengan memanfaatkan kartu kredit. Namun, ada juga yang menerima pembayaran di tempat, yaitu saat barang yang dipesan sudah tiba di tempat. Model pembayaran biasanya menggunakan kartu kredit. 3. e-Banking e-banking adalah aktivitas perbankan yang dilakukan melalui Internet. Transaksi yang dapat dilakukan melalui ebanking antara lain pengecekan saldo, transfer uang, pembayaran tagihan, informasi rekening, dan sebagainya. Beberapa bank di Indonesia sudah menyediakan layanan e-banking. Para nasabahnya dibekali dengan username dan password untuk dapat menggunakan layanan e-banking. Masalah keamanan merupakan isu utama dalam e-banking. Sebuah bank yang menyediakan layanan e-banking harus mampu menjamin bahwa hanya orang-orang yag berhak saja yang dapat mengakses layanan tersebut. read more..

Apa Saja yang Dapat Dilakukan di Internet?


Melalui Internet, kita dapat memperoleh data atau
informasi dengan mudah dan cepat. Kita dapat
berkomunikasi dengan orang di seluruh dunia dengan biaya
yang relatif murah. Adapun kegiatan umum yang biasanya
dilakukan dengan Internet antara lain browsing/surfing,
searching, e-mail, chatting, download, dan upload.
1. Browsing/Surfing
Browsing atau lebih dikenal dengan nama surfing
adalah menjelajah di situs-situs Internet yang bertujuan
untuk mendapatkan informasi atau data. Informasi yang ada di Internet pun bermacam-macam jenisnya, dapat berupa
artikel, gambar, animasi, video, suara dan lain sebagainya.
Untuk melakukan browsing, kita memerlukan software
browser, seperti Internet explorer dan Mozilla Firefox.
2. Searching
Searching adalah kegiatan mencari atau memperoleh
informasi yang kita inginkan dengan bantuan mesin
pencari (search engine). Dengan mesin pencari, kita lebih
mudah mendapatkan informasi yang kita cari meskipun
kita tidak mengetahui alamat situsnya. Beberapa mesin
pencari yang populer saat ini antara lain Google, Altavista,
Alltheweb, dan masih banyak lagi.
3. E-mail
E-mail adalah singkatan dari electronic mail, yang dalam
bahasa Indonesia berarti surat elektronik. Seperti namanya,
fungsinya juga sama dengan surat, yaitu digunakan untuk
mengirimkan berita atau informasi. Hanya saja e-mail tidak
memiliki bentuk fisik seperti kertas, mulai dari proses
penulisan hingga pengiriman dilakukan secara elektronik.
Dengan menggunakan e-mail, berita, informasi, gambar, atau
data dapat sampai pada alamat tujuan dengan cepat, bahkan
dalam hitungan detik.
4. Chatting
Chatting dapat diartikan mengobrol atau bercakapcakap,
yaitu salah satu cara untuk berkomunikasi
antarpengguna Internet melalui sebuah tempat
pertemuan virtual (maya). Setiap pengguna dapat
saling bercakap-cakap secara langsung dengan cara
mengetikkan pesan dan mengirimkannya dalam bentuk
teks. Ada beberapa program chating yang cukup
dikenal, antara lain mIRC dan Yahoo Masenger.
5. Download dan Upload
Download adalah proses mengambil file dari Internet
untuk disimpan di komputer kita. Sedangkan Upload
adalah proses mengirim file dari komputer kita ke Internet.
read more..

Kamis, 30 Agustus 2012

Sejarah Internet


Internet pada awalnya merupakan jaringan komputer
yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat
pada tahun 1969 melalui proyek ARPA (Advanced Research
Project Agency) yang memutuskan untuk mengadakan riset
tentang cara menghubungkan sejumlah komputer sehingga
membentuk jaringan organik. Program riset ini dikenal
dengan nama ARPANet. Mereka menghubungkan beberapa
komputer berbasis UNIX melalui saluran telepon dalam jarak
yang jauh sehingga komputerkomputer
tersebut dapat saling
berkomunikasi. Dalam proyek
ini dirancang bagaimana
bentuk jaringan, kehandalan,
dan berapa besar data atau
informasi yang dapat dipindahkan
dari komputer satu ke
komputer lain.


Jaringan pertama yang dibangun menghubungkan 4
tempat, yaitu UCLA (University of California Los Angeles),
UCSB (University of California Santa Barbara), University
of Utah, dan SRI (Stanford Research Institute). Hingga tahun
1972 jaringan ini telah menghubungkan lebih dari 20
komputer. ARPANet menjadi backbone internetworking
untuk institusi pendidikan, penelitian, industri, dan
kontraktor terutama yang berkaitan dengan jaringan militer.

1972, Roy Tomlinson menyempurnakan program e-mail yang
telah ia ciptakan setahun sebelumnya untuk ARPANet
dengan memperkenalkan ikon @ sebagai lambang
penting yang berarti "at".
1973, Jaringan ARPANet mulai dikembangkan ke luar
Amerika Serikat. Komputer University College di London
merupakan komputer pertama di luar Amerika
Serikat yang terhubung pada jaringan ARPANet.
1979, Tom Truscott, Steve Bellovin, dan Jim Ellis membuat
newsgroups pertama yang diberi nama USENet.
1982, TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol)
mulai digunakan sebagai sebuah protokol resmi
yang diakui oleh semua jaringan.
1982, Di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang
dikenal dengan Eunet, yang menyediakan jasa e-mail
dan newsgroup USENet.
6 TIK SMP/MTs Kelas IX
1984, Diperkenalkan sistem nama domain, yang sekarang
dikenal dengan DNS (Domain Name System) yang
berfungsi untuk menyeragamkan sistem pemberian
nama alamat di jaringan komputer.
1986, NSFNET (National Science Foundation Network)
dibangun dengan kecepatan backbone 56 Kbps. Banyak
jaringan internasional mulai dibangun di beberapa
negara dan dihubungkan ke NSFNET.
1988, Jarko Oikarinen dari Finland membuat dan
memperkenalkan program IRC (Internet Relay Chat),
yaitu program untuk chatting.
1989, Jumlah komputer yang terhubung ke jaringan
kembali melonjak 10 kali lipat. Lebih dari 100.000
komputer telah membentuk sebuah jaringan.
1990, Timothy Berners Lee seorang ahli komputer dari
Inggris menciptakan program editor dan browser yang
dapat menjelajah antara satu komputer dengan
komputer lainnya yang membentuk jaringan. Program
inilah yang disebut WWW (World Wide Web).
1990, DoD (Departement of Defence) membubarkan
ARPANet.
1992, Komputer yang saling terhubung ke jaringan sudah
melampaui 1.000.000 komputer lebih, dan di tahun yang
sama muncul istilah surfing the Internet.
1994, Pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail
muncul di Internet. Pizza Hut on-line merupakan
contoh pertama dari aplikasi tersebut. Di tahun yang
sama Yahoo! didirikan, yang juga kelahiran Netscape
Navigator 1.0.
2001, Internet mendapatkan QOS (Quality of Services) untuk
suara dan video. Seiring dengan berjalannya waktu,
layanan kualitas dan keamanan Internet terus
ditingkatkan sampai sekarang.
BAB I Pengenalan Internet 7
Seiring dengan kemajuan teknologi, kecepatan akses
Internet menjadi hal yang sangat penting. Semula, akses
Internet dengan kecepatan 56 kbps dianggap sudah cukup
memadai. Namun, saat ini kecepatan tersebut dianggap
sangat lambat, terutama untuk mengirim atau menerima
file-file multimedia yang berukuran besar.
Jaringan tanpa kabel (nirkabel) berkembang dengan
pesat, mulai dari teknologi WiFi (Wireless Fidelity), GPRS
(General Packet Radio Service), hingga 3G (third generation
technology) sudah dapat kita nikmati saat ini. Jaringan
tanpa kabel tersebut memiliki kecepatan akses yang
sangat tinggi dibandingkan dengan jaringan kabel.


read more..

Pengenalan Internet


Apakah Internet itu?

Internet adalah singkatan dari interconnected network,
yaitu sistem jaringan kerja yang menghubungkan jutaan
komputer di seluruh dunia. Internet memungkinkan
perpindahan data antarkomputer meski terpisah jarak yang
jauh. Internet dapat digunakan sebagai sarana pertukaran
informasi dari satu komputer ke komputer lain dengan waktu
yang cepat, tanpa dibatasi oleh jarak fisik kedua komputer
tersebut.
Secara sederhana, internet dapat didefinisikan sebagai
jaringan dari jaringan (network of network). Setiap komputer
yang terhubung dengan jaringan dapat berkomunikasi dalam
bentuk pertukaran data dan informasi. Hal ini dapat
dilakukan dalam komunikasi dua arah secara langsung
seketika itu juga (realtime).


Semua orang mempunyai hak yang sama untuk
mengakses internet dan tidak ada seorangpun yang
menguasai internet. Oleh karena itu, internet merupakan
sebuah dunia yang bebas dimasuki tanpa harus terikat pada
peraturan-peraturan dan batas-batas wilayah teritorial
negara tertentu.
Internet merupakan sistem komunikasi global yang
menghubungkan komputer-komputer di seluruh dunia.
Pada dasarnya, Internet adalah kumpulan dua komputer
atau lebih di seluruh dunia yang saling berhubungan
membentuk jaringan komputer. Internet dapat diibaratkan
seperti jaring laba-laba yang menyelimuti bumi dan terdiri
atas titik-titik (node) yang saling berhubungan. Node
tersebut dapat berupa personal komputer, laptop, atau
peralatan komunikasi seperti handphone dan PDA (Personal
Data Assistance). Node tersebut dapat berfungsi
sebagai pusat informasi atau sebagai pengguna yang
mencari dan bertukar informasi melalui Internet. Garis
penghubung antarnode disebut Internet backbone yang
berupa media transmisi seperti kabel, serat optik, maupun
gelombang mikro (microwave).
Untuk dapat menghubungkan semua jenis, tipe, dan
sistem komputer yang ada di seluruh dunia, Internet harus
memiliki standar yang memungkinkan komputer dapat saling
berbicara satu sama lain dalam bahasa yang sama. TCP/IP
(Transmission Control Protocol/Internet Protocol) menjadi
standar utama jaringan Internet yang dapat menyatukan
bahasa dan kode berbagai komputer di dunia.
Jumlah pengguna Internet yang semakin hari semakin
besar dan berkembang telah mewujudkan budaya Internet.
Kehadiran Internet di tengah kehidupan kita sangatlah
diperlukan. Dengan adanya Internet, berbagai bentuk
informasi dan komunikasi dapat diperoleh dan dilakukan
dengan lebih mudah. Banyak orang menggunakan Internet untuk bekerja di rumah. Para ilmuwan menggunakan
Internet untuk membantu mereka dalam penelitian. Internet
telah membawa perubahan besar dalam banyak aspek
kehidupan.
Dari segi pendidikan, Internet ibarat perpustakaan
besar dan lengkap yang di dalamnya terdapat jutaan
bahkan milyaran informasi dalam bentuk teks, gambar,
animasi, video, dan suara. Kita dapat melihat, mengambil,
bahkan memiliki informasi tersebut kapan saja dan dari
mana saja melalui Internet. Internet dipandang sebagai
dunia maya karena hampir seluruh aspek kehidupan yang
ada di dunia nyata ada di Internet, seperti bisnis, hiburan,
olah raga, politik, dan lain sebagainya.

read more..